Pendidikan tinggi yang merupakan tahap akhir pada Pendidikan formal.

Kemanakah kita setelah selesai menyelesaikan Pendidikan jenjang SMA dan SMK? Beberapa dari kita memutuskan untuk langsung bekerja, tetapi banyak juga yang memutuskan untuk melanjutkan ke Pendidikan tinggi yang merupakan tahap akhir pada Pendidikan formal.

Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi mendefinisikan pendidikan tinggi sebagai jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program diploma, program sarjana, program magister, program doktor, dan program profesi, serta program spesialis, yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia. Pendidikan tinggi pada umumnya berbentuk universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik, dan akademi.

Dengan memahami bentuk-bentuk pendidikan tinggi yang ada di Indonesia tentunya akan memudahkan kita memilih jurusan atau perguruan tinggi yang kita cita-citakan.

 

Universitas

Universitas menyediakan pendidikan berbasis akademik dan vokasi dan biasanya terdiri dari rumpun-rumpun ilmu yang berbeda. Sehingga sebuah universitas menawarkan banyak fakultas dengan jurusan yang berbeda-beda.

Contoh universitas yang dapat kita jadikan contoh adalah Universitas Indonesia. Universitas yang berdiri sejak 1849 ini menawarkan banyak rumpun ilmu, mulai dari ekonomi hingga kedokteran.

 

Institut

Institut nyaris serupa dengan universitas bedanya adalah hanya menawarkan satu rumpun ilmu. Dari sebuah rumpun ilmu yang dimiliki akan terbagi menjadi berbagai fakultas yang menaungi banyak jurusan.

Institut Kesenian Jakarta yang didirikan oleh Ali Sadikin memiliki satu rumpun ilmu yaitu kesenian. Institut ini memiliki banyak fakultas yaitu seni rupa, seni pertunjukan, serta televisi dan film.

 

Sekolah Tinggi

Berbeda dengan universitas dan institut yang memiliki banyak fakultas, sekolah tinggi hanya memiliki satu fakultas dan terbagi menjadi banyak jurusan yang berkaitan dengan fakultas tersebut.

Sebuah sekolah tinggi yang berlokasi di Jakarta Pusat bernama Sekolah Tinggi Manajemen PPM atau yang umum dikenal sebagai PPM School of Management menawarkan Pendidikan yang berfokus pada manajemen.

 

Politeknik

Politeknik adalah sebuah pendidikan tinggi yang tidak menyelenggarakan Pendidikan akandemik, hanya pendidikan berbasis vokasi. Politeknik menyiapkan peserta didiknya menjadi lulusan dengan kemampuan profesional dalam ilmu pengetahuan dan teknologi agar dapat bersaing di dunia pekerjaan.

Contoh politeknik yang ada di kota Bandung adalah Politeknik Negeri Bandung yang menyediakan Pendidikan beragam mulai dari Teknik computer dan informatika hingga teknik sipil.

 

Akademi

Akademi serupa dengan politeknik yang hanya menyelenggarakan pendidikan berbasis vokasi. Bedanya, akademi hanya menyelenggarakan pendidikan vokasi dari satu cabang ilmu.

Akademi Kepolisian Republik Indonesia (Akpol) dan Akademi Militer Republik Indonesia (Akmil) adalah contoh akademi yang ada di Indonesia.

 

Banyaknya pandangan yang diciptakan oleh masyarakat membuat orang memandang sebuah bentuk pendidikan tinggi dengan sebelah mata. Harus diingat bahwa di mana kita mengenyam ilmu tidak menentukan kualitas kita untuk bersaing dan mengabdi kepada negara. Rasa penasaran yang tinggi dan keinginan untuk terus memperkaya pengetahuan yang akan membuat kita berbeda dari lulusan-lulusan lainnya.

Tunas Jakasampurna School

menu